Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Effendy Arungi Lautan ke Brunei Seorang Diri

Kompas.com - 03/05/2013, 06:10 WIB
Defri Werdiono,
Harry Susilo

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com — Effendy Soleman berlayar seorang diri mulai dari Bali hingga Brunei Darussalam menggunakan perahu jukung. Melalui ekspedisi bertajuk Jukung Lintas Nusa Bali Brunei, Effendy berangkat dari Pantai Buleleng, Bali, 28 April dan tiba di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/5/2013).

Setelah singgah di Surabaya, Effendy kembali berlayar dan tiba di Jakarta pada 10 Mei. Kemudian, mantan wartawan tabloid Mutiara ini akan bertolak dari Jakarta pada 20 Mei bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional menuju Bandar Seri Begawan, Brunei.

Rute yang ditempuh Effendy adalah Jakarta-Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu)-Bangka-Belitung-Pontianak-Singkawang-Tanjung Datuk- Kuala Belait (Brunei)-Bandar Seri Begawan. Perjalanan sejauh 2.500-an kilometer itu memerlukan waktu tempuh sekitar satu bulan.     

"Saya ingin menggugah jiwa bahari bagi anak-anak muda, apalagi Indonesia terkenal sebagai negara bahari," ujar Effendy saat ditemui di kantor Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) di dekat Jembatan Suramadu, Surabaya, Kamis. 

Lelaki berusia 62 tahun ini baru saja menyandarkan perahunya di bawah Jembatan Suramadu setelah berlayar dari Panarukan. Alasan Effendy memilih jukung bali karena bentuknya yang unik, terdapat motif ikan marlin pada badan perahu yang memiliki panjang 7,7 meter itu. Perahu yang dibeli dari nelayan di Pantai Sangsit, Buleleng, Bali, seharga Rp 20 juta itu dilengkapi layar dan mesin 15 PK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com