Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand Canangkan Pendidikan Antinarkoba Melalui KKN

Kompas.com - 02/05/2013, 20:23 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Andalas, Padang, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mencanangkan pendidikan antinarkoba melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) 2013.

"Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2013, nantinya akan diberi pengajaran tentang pemberantasan dan pencegahan narkoba yang akan disosialisasikan pada daerah penempatannya masing-masing," kata Ketua LPPM Unand, James Helliward, di Padang, Kamis (2/5/2013).

James menjelaskan, bahaya narkoba di Indonesia sampai ke pelosok daerah. Ini terbukti dengan banyaknya masyarakat di daerah terpencil yang terlibat dalam kasus narkoba.

"Sudah saatnya Unand sebagai instansi pendidikan ikut serta dalam pencegahan dan pemberantasannya," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal ini, katanya, Unand akan bekerja sama dengan berbagai instansi dan pemerintah daerah, antara lain Kepolisian Daerah, Badan Narkotika Nasional Provinsi, dan beberapa organisasi masyarakat di Sumbar yang nantinya akan mengajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan masalah  narkoba kepada mahasiswa Unand.

"Terutama mengenai bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ujarnya.

Dia menambahkan, Unand harus menjadi pionir di Indonesia sebagai perguruan tinggi pertama yang mengadakan sosialisasi bahaya narkoba dengan target utama adalah mahasiswa disamping masyarakat umum.

"Rencananya pada tahun ini Unand akan melepas sebanyak 3.600 mahasiswa KKN, yang akan disebar ke 200 nagari di kabupaten dan kota di Sumatera Barat," katanya.

Dia berharap dengan banyaknya mahasiswa dan tempat yang berbeda, sosialisasi dalam bentuk pendidikan ini dapat mencapai sasaran pada tahun ini.

James menambahkan, pendidikan dan sosialisasi antinarkoba ini merupakan perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi yakni upaya untuk meningkatkan peranan Unand dalam pengabdian masyarakat.

"Selain itu turut serta meningkatkan kemampuan sumber daya masyarakat guna tercapainya pembangunan menyeluruh di semua lapisan masyarakat," kata James

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com