Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Bakal Caleg di Banda Aceh Tak Penuhi Syarat

Kompas.com - 02/05/2013, 20:15 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menyatakan, 29 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRK tidak memenuhi syarat. Mereka dipastikan tidak bisa ditetapkan sebagai calon.

Ketua KIP Banda Aceh, Aidil Azhari, di Banda Aceh, Kamis (2/5/2013), mengatakan, bacaleg yang tidak memenuhi syarat tersebut. Empat orang di antaranya tidak lulus uji kemampuan baca Al Quran, dan 25 lainnya karena tidak ikut tes mengaji tanpa alasan jelas.

Aidil menambahkan, ke-29 bakal calon tersebut berasal dari 10 partai yang sudah mengikuti uji kemampuan membaca Al Quran, sedangkan bakal calon dari lima partai lainnya belum mengikuti tes.

"Kami akan menyurati partai politik dan memberitahukan bahwa mereka dipastikan gagal ditetapkan sebagai calon," sebut Aidil.

Menurut dia, partai yang mencalonkan bakal caleg yang tidak lulus tes mengaji tersebut bisa menggantikan yang bersangkutan dengan orang lain. Pergantian tersebut diberikan pada masa perbaikan daftar calon sementara.

"Masa perbaikan daftar calon sementara dijadwalkan 9 hingga 22 Mei 2013. Nantinya partai yang menentukan, apakah mengganti mereka yang tidak lulus atau tidak," ungkap Aidil.

Selain itu, ia menyebutkan, pihaknya juga akan menyampaikan kepada partai politik peserta pemilu terkait berkas bakal calon yang persyaratannya tidak lengkap.

"Ada sejumlah bakal calon dari beberapa partai yang persyaratannya tidak lengkap. Dan ini wajib dilengkapi, jika tidak, mereka bisa gagal ditetapkan sebagai calon peserta Pemilu 2014," kata Aidil Azhari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com