Minggu, 21 September 2014

News / Regional

Tiga Nama Ini Paling Populer di Bursa Pilgub Jatim

Kamis, 2 Mei 2013 | 14:45 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan digelar pada Agustus mendatang, setidaknya terdapat tiga nama yang mulai dikenal masyarakat, seperti diungkap lembaga survei The Initiative.

Ketiga tokoh itu dikenal masyarakat Jatim sebagai calon gubernur Jatim karena intensitasnya menemui masyarakat. Ketiganya adalah Gubernur Jatim Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, dan Khofifah Indar Parawansah.

The Initiative menyurvei 956 responden di 99 desa dan kelurahan dalam 11 daerah pemilihan. "Sebanyak 66 persen lebih responden mengenal mereka dan menginginkan mereka menjadi gubernur Jatim," kata Dahlan, peneliti The Initiative,  Kamis (2/5/2013).

Nama-nama tersebut unggul dari sejumlah nama yang ditawarkan seperti Eggi Sudjana, Pramono Anung, Said Abdullah, dan Ridwan Hisjam.

"Uniknya, dari tiga nama itu, hanya dua yang memberanikan diri akan mencalonkan menjadi cagub Jatim, yakni Soekarwo dan Khofifah, sementara Saifullah Yusuf dipastikan akan kembali mendampingi Soekarwo dalam pilgub nanti," tambahnya.

Di level kedua, kata Dahlan, masyarakat juga menyebut nama tokoh lainnya. Dua nama tokoh yang disebut skor pilihannya mencapai 27 persen lebih adalah Said Abdullah (anggota Fraksi PDI-P DPR) dan Bambang Dwi Hartono (Wakil Wali Kota Surabaya).

"Kami dapat simpulkan, jika Khofifah ingin menyaingi Soekarwo-Saifullah Yusuf, setidaknya dia bisa menggandeng dua nama ini," terangnya.

Seperti diberitakan, Khofifah Indar Parawansah hingga saat ini belum juga menyebut kandidat cawagub yang akan mendampinginya untuk kembali maju dalam Pilgub Jatim.

Sejumlah nama yang disebut-sebut memiliki kans mendampingi Ketua Umum Muslimat NU ini, antara lain, Ridwan Hisjam (pengurus DPP Golkar), Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), dan Hasan Aminudin, politisi Partai Nasdem yang juga mantan Bupati Probolinggo.


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Kistyarini