Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar Tangkap 33 Penimbun BBM

Kompas.com - 01/05/2013, 21:14 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Polda Jabar menangkap 33 pelaku penimbunan dan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) dan gas selama Operasi Dian Lodaya 2013 , 20-29 April 2013.    

"Para pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka ditangkap Polda Jabar dan Polres/Polrestabes dari sejumlah daerah di Jabar," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Rabu (1/5/2013).     

Operasi Dian Lodaya digelar Polda Jabar dalam rangka menjamin kelancaran dan keamanan pendistribusian BBM dan gas di wilayah Jawa Barat. Hasil operasi yang digelar selama sepuluh hari itu, sebanyak 21,9 ton BBM diamankan dan akan dijadikan barang bukti, terdiri dari solar 15.974 liter, bensin 1.915 liter, dan minyak tanah 3.520 liter.

Selain itu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya, yakni tabung gas, kendaraan roda empat dan truk.

"Modus penyalahgunaan BBM itu adalah dilakukan dengan cara menimbun BBM bersubsidi untuk kemudian dijual ke industri dengan harga BBM industri. Motifnya mencari keuntungan dari disparitas BBM subsidi dan nonsubsidi," kata Kabid Humas Polda Jabar menambahkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com