Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bongkar Sindikat Peredaran Uang Palsu

Kompas.com - 01/05/2013, 20:44 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tulungagung, Jawa Timur, menggagalkan sekaligus membongkar sindikat peredaran uang palsu (upal) di wilayah itu, setelah salah seorang kurir ditangkap berikut barang bukti upal senilai Rp 95 juta.

"Peredaran uang palsu ini terbongkar, setelah tim buru sergap kepolisian melakukan operasi tangkap tangan terhadap pelaku yang diduga berperan sebagai kurir, di sekitar wilayah Ngujang," ungkap Kapolres Tulungagung, Ajun Komisaris Whisnu Hermawan Februanto, Rabu (1/5/2013).

Pelaku yang diyakini sebagai bagian dari sindikat peredaran uang palsu di wilayah Tulungagung dan Keresidenan Kediri tersebut, diidentifikasi bernama Suwanto (46).
 
Ia menjelaskan, Suwanto yang berdomisili di Desa Sumberingin Kidul, Kecamatan Ngunut, tersebut dibekuk polisi pada Selasa (30/4/2013) sekitar pukul 16.00 WIB, di Jalan Raya Ngujang, Kecamatan Ngantru, Tulungagung.

Saat dicegat tim buru sergap, Suwanto kedapatan membawa uang palsu senilai Rp 95 juta dalam bentuk pecahan Rp 50.000.

Di hadapan polisi yang menginterogasinya, Suwanto mengakui dirinya hanyalah berperan sebagai kurir. Dia mengaku mendapat upah dari temannya yang berdomisili di wilayah Tulungagung, namun tidak disebutkan nilai jasa yang dia peroleh.

Rencananya uang itu akan langsung dijual, tetapi Suwanto keburu tertangkap polisi. "Uang itu sudah ada yang menerima, saya hanya kurir," kata Suwanto.

Suwanto menyebutkan, uang palsu senilai Rp 95 juta itu nantinya akan dijual kepada seseorang dengan harga Rp 26 juta uang asli.

Asal-usul uang palsu belum diketahui secara pasti, namun Suwanto menyebut bahwa bosnya mendapat puluhan juta uang palsu tersebut dari seseorang yang berdomisili di Jakarta.

"Saya sama sekali tidak tahu siapa yang membuat uang itu, karena saya hanya disuruh teman saya untuk menukar uang itu dengan uang asli yang sebelumnya sudah dinegoisasi," katanya.

Kapolres Whisnu Hermawan Februanto mengatakan, pihaknya saat ini masih memburu pelaku lain yang terlibat dalam jaringan peredaran uang palsu tersebut.

Ia menyebut tersangka sebelumnya sudah menjadi target penangkapan oleh anggota dan tim buru sergap. "Saat ini polisi masih memburu pelaku lainya dalam kasus ini," kata kapolres.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com