Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasad Korban Longsor Garut Ditemukan

Kompas.com - 01/05/2013, 18:43 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Jasad Enoh (53), perempuan yang menjadi korban longsor tanah tebing, Puncak Lancang, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditemukan di bawah batu besar dasar tebing, Rabu (1/5/2013).

"Jasad korban longsor ditemukan di bawah bongkahan batu besar dengan kondisi jasad masih utuh," kata Komandan Koramil Samarang, Kapten Arm Darso, yang ikut membantu proses evakuasi korban.

Ia mengatakan, itu merupakan penemuan jasad ketiga dari tiga orang petani yang menjadi korban tertimbun tanah longsor di lahan Perhutani, Desa Sukakarya, 20 April 2013.

Dua jasad korban sebelumnya, Elah (49) dan Juhaenah (44), sudah ditemukan tim evakuasi tanggap darurat selama tujuh hari sejak peristiwa longsor.

Jasad Enoh, kata Darso, ditemukan di dasar tebing sekitar pukul 11.45 WIB oleh keluarga korban, dibantu masyarakat yang nekat melakukan pencarian korban meskipun sudah dilarang berada di lokasi longsor, sejak dihentikannya tanggap darurat, Jumat (26/4/2013).

Ia menerangkan, penemuan jasad Enoh berawal dari bau tidak sedap yang bersumber dari bawah batu besar serta ada kerumunan lalat di sekitar batu.

Masyarakat, kata Darso, memfokuskan pencarian dari bawah batu itu menggunakan cangkul dan beberapa perkakas lainnya dengan cara menggali tanah.

Jasad Enoh, lanjut Darso, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Garut untuk dibersihkan, selanjutnya diserahkan kepada keluarga korban untuk dimakamkan.

"Korban itu ditemukan oleh keluarga dan masyarakat yang masih melakukan pencarian. Ketika ada penemuan jasad, anggota Koramil dan BPBD langsung membantunya," kata Darso.

Ketiga korban longsor warga Kampung Pangulaan, Desa Parakan, Samarang, tertimbun saat berkebun di lereng lahan Perhutani atau sekitar lokasi operasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Pertamina Kamojang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com