Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Regional

Buruh Minta PHI Dipindahkan ke Batam

Rabu, 1 Mei 2013 | 12:56 WIB

Terkait

BATAM, KOMPAS.com - Unjuk rasa peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5/2013) di Batam, Kepulauan Riau diwarnai sejumlah isu. Salah satu isunya adalah pendirian pengadilan hubungan industrial di Batam.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam, Syaiful Badri mengatakan, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Kepulauan Riau berada di Tanjung Pinang. Padahal, lebih dari 90 persen kasus perburuhan berasal dari Batam. "Untuk memperjuangkan haknya di pengadilan, buruh harus keluar biaya besar. Habis dana untuk ongkos feri Batam ke Tanjung Pinang," ujarnya.

Karena itu, buruh mendesak pemerintah merelokasi PHI Kepri dari Tanjung Pinang ke Batam. Pemindahan lokasi pengadilan akan memudahkan akses buruh terhadap PHI. "Pemindahan menunjukkan komitmen dan keberpihakan pemerintah pada buruh," tuturnya.

Anggota Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho mengatakan, DPRD Batam sudah meminta pemindahan sejak dahulu. Namun, sampai sekarang usulan itu tidak kunjung direalisasi. "Jangan hanya pertimbangkan Tanjung Pinang ibukota Kepri. Pertimbangkan fakta dari mana kasus banyak berasal," tuturnya.


Penulis: Kris R Mada
Editor : Robert Adhi Ksp