Jumat, 24 Oktober 2014

News / Regional

Komoditas Ekspor

Ekspor Tulang Ikan Indramayu Meningkat

Senin, 29 April 2013 | 19:45 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Ekspor tulang ikan dari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dengan tujuan China dan Korea Selatan, beberapa tahun ini semakin meningkat. Kondisi itu menggairahkan usaha para pengolah tulang ikan.

Murdianto, salah seorang pengusaha olahan tulang ikan di Indramayu, Senin (29/4/2013), mengatakan, kini permintaan ekspor tulang ikan tujuan China dan Korea Selatan terus meningkat. Hal itu membuat usaha olahan limbah tersebut semakin diminati oleh masyarakat pantura Kabupaten Indramayu.

"Sebelumnya hanya beberapa warga yang mengolah limbah tulang ikan. Kini mereka harus bersaing untuk mendapatkan bahan baku, supaya mampu memenuhi pesanan ekspor untuk China dan Korea," kata Murdianto.

Ia mengatakan, harga tulang ikan sudah siap jual sekitar Rp 40.000 per kilogram, sangat menguntungkan perajin jika pasokan bahan baku dari nelayan tradisional terpenuhi. Kendalanya, bahan baku tersebut masih mengandalkan hasil tangkapan.

Yitno, pengusaha olahan tulang ikan lain, mengakui, kini usaha pengolahan tulang ikan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor China dan Korea, semakin menjamur, dari sebelumnya hanya beberapa orang yang memanfaatkan tulang ikan tersebut. Namun permintaan sulit terpenuhi, terutama saat cuaca buruk pasokan bahan baku terhambat.



Sumber: Antara

 


Editor : Agus Mulyadi