Jumat, 31 Oktober 2014

News / Regional

1,5 Hektar Ladang Ganja Siap Panen Ditemukan

Senin, 29 April 2013 | 17:53 WIB

BIREUEN, KOMPAS.com  Aparat Polres Bireuen menemukan 1,5 hektar ladang ganja siap panen di kawasan perbukitan Krueng Meuseugop, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Minggu (28/4/2013). Hal itu diungkapkan Kasat Narkoba Iptu Aji Wisa Prayogo, Senin (29/4/2013).

Informasi penemuan ladang itu sebelumnya diperoleh dari masyarakat lalu ditindaklanjuti tim untuk terjun ke lapangan kemarin siang. Aji Wisa mengatakan, ladang ganja itu berjarak sekitar 10 kilometer dari desa terdekat. Medannya sulit dilalui dengan kendaraan bermotor. Untuk mencapai lokasi, polisi harus berjalan kaki selama sekitar dua jam.

Ladang itu hanya ditanami ganja dan bukan ladang tumpang sari atau ditanam dengan tanaman jenis lain sebagaimana yang sering ditemukan selama ini. Di ladang itu, juga ditemukan sebuah gubuk kecil yang diduga kuat digunakan pengelola kebun ganja itu.

"Sebagian besar batang ganja sudah tumbuh bunga dan siap panen, namun kita belum menemukan pemilik dari ladang ganja seluas 1,5 hektar tersebut," kata Aji Wisa.

Dia menjelaskan, pihaknya hanya mengangkut 100 batang ganja ke Mapolres Bireuen karena medannya sulit, yakni di lereng perbukitan yang tertutup semak belukar. Pohon-pohon sisanya dibakar di lokasi.


Penulis: Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan
Editor : Kistyarini