Rabu, 22 Oktober 2014

News / Regional

Investor Asing Ditawari Kembangkan Ubi Kayu Adira

Senin, 29 April 2013 | 09:28 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara memberi peluang kepada investor dari China dan Hongkong, yang tertarik mengembangkan tanaman Ubi Kayu Adira.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Senin, mengatakan, pemkab akan memberi kemudahan pengurusan izin administrasi investasi bagi para investor, yang ingin serius mengembangkan tanaman sebagai bahan baku pembuatan tepung tapioka itu.

Meskipun masih pada tahap penjajakan, namun keinginan investor dari dua negara untuk berinvestasi mengandalkan potensi alam di daerah ini, akan disambut baik oleh pemkab. Bupati berharap, kegiatan investasi di daerah itu, akan berdampak luas pada peningkatan makro ekonomi daerah.

Seperti program investasi yang sementara berjalan, diantaranya pengembangan bidang pertanian, khususnya komoditi jagung yang sedang dikelola oleh PT SIMI. Serta program Hutan Tanaman Industri (HTI), penanaman kelapa sawit dan pertambangan di wilayah Kecamatan Kwandang, Anggrek, Gentuma, Sumalata dan Atinggola.

Pemkab berjanji, kata bupati, akan memberikan kemudahan kepada investor yang serius berinvestasi di daerah ini, sebab kehadiran mereka diharapkan mampu menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Serta terbukanya peluang lapangan pekerjaan bagi para tenaga kerja lokal, disamping akan meningkatkan pengawasan khususnya pada kegiatan investasi yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan.

"Jangan sampai pemkab hanya mengejar keuntungan saja, tanpa memperhatikan dampak kerusakan lingkungan yang bisa saja terjadi pada kegiatan investasi," ungkap Bupati.


Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: