Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemah di Bawah Laut Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 28/04/2013, 22:28 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Hang Tuah Surabaya, melakukan kegiatan menyelam dan berkemah selama 40 menit di bawah laut di obyek Wisata Pantai Pasirputih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (28/4/2013). Acara tersebut berhasil memecahkan rekor MURI sebagai perkemahan di bawah permukaan air laut pertama.

Pantauan Kompas.com, kegiatan yang terbilang unik dan menantang ini dilakukan selama sekitar 40 menit dan melibatkan tujuh tim penyelam, delapan orang swiper dan dibantu dislambayer serta penyelam dari TNI AL.

Manajer MURI Sri Wijayati mengatakan, kedatangannya ke Pasirputih untuk menyaksikan langsung kegiatan berkemah di bawah laut dan transplantasi terumbu karang. Menurutnya, selama ini belum ada rekor MURI berkemah di dasar laut.

"Kegiatan ini merupakan pertama kali tercatat di MURI. Ada empat kriteria utama yang disingkat dengan PPUL atau paling pertama unik lahan," ujar Sri Wijayati.

Sebelumnya MURI telah mencatat beberapa kegiatan di bawah air, di antaranya upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut oleh unit penyelam UGM, kuliah di bawah laut oleh pihak Universitas Diponegoro, permainan catur di dalam laut  yang diselenggarakan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, dan menyelam dengan alat bantu terlama.

"Untuk kemah di dalam laut belum pernah ada, tapi untuk kegiatan lainnya di dalam yang catat dalam MURI sudah ada. Jika ini berhasil, maka akan dicatat sebagai rekor MURI di Indonesia  ke-5930," imbuh Sri Wijayati.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan perkemahan di dalam laut, Febri, mengatakan, untuk berkemah dibawa laut selama 40 menit, pihaknya telah melakukan persiapan selama tiga bulan. Mereka telah berlatih melakukan latihan penyelaman di dalam kolam dan penyelaman terbuka.

Bahkan, pihak universitas melakukan kerja sama dengan Pemkab Situbondo serta Institut Teknologi Surabaya (ITS). "Kami melibatkan 10 orang peserta dalam perkemahan di dasar laut ini," ujarnya.

Febri menambahkan, selain berkemah di dalam laut, para mahasiswa Universitas Hang Tuah juga melakukan kegiatan penanaman terumbu karang di dasar laut. "Tujuan menanam terumbu karang itu untuk pelestarian terumbu karang, namun target kami ingin membuat taman di bawah air di Jawa Timur, karena hingga kini Jatim belum punya  taman laut. Selama ini hanya Bali yang punya taman laut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com