Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Polsek Angkaisera Diserang, Seorang Polisi Tewas

Kompas.com - 27/04/2013, 15:03 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Penyerangan terhadap aparat kepolisian oleh kelompok sipil bersenjata kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua. Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua Ajun Komisaris Besar I Gede Sumerta mengatakan, sekelompok orang telah menyerang perumahan Polsek Angkaisera, yang mengakibatkan Bripka Jefri Sesa meninggal dunia, Sabtu (27/4/2013) dini hari.

Kejadian berlangsung sekitar pukul 01.30 WIT, ketika sekelompok orang yang diduga kelompok RO (Ruddy Orarey) tiba-tiba memasuki rumah Jefri. Ketika itu semua penghuni rumah sedang tidur. Kelompok yang diduga berjumlah sepuluh orang itu langsung menganiaya istri dan ipar Jefri.

Jefri yang terbangun dan berusaha melawan langsung ditusuk dengan sangkur dan mengenai ulu hati. Korban meninggal dunia di tempat.

Setelah melakukan aksinya dan merampas senjata V-5 milik korban, mereka kemudian berusaha menembaki rumah Brigadir Lamek Matui. Serangan itu mendapat tembakan balasan sehingga sekelompok orang tersebut kabur.

I Gede menyebutkan, beberapa saat setelah kejadian, Kepala Polres Kepulauan Yapen Ajun Komisaris Besar Ruddy Tan bersama anggotanya datang ke lokasi kejadian dan langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku penyerangan. YB yang diduga salah satu dari kelompok penyerang sesuai keterangan istri Jefri ditangkap pada pengejaran itu.

Setelah melakukan pengejaran, polisi kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan evakuasi terhadap jenazah Jefri. Menurut I Gede, motif penyerangan diduga kuat terkait aksi pemerasan yang dilakukan oleh kelompok RO terhadap sejumlah perusahaan beberapa waktu lalu. Anggota Polsek Ankaisera memberikan bantuan pengamanan terhadap sejumlah perusahaan yang diperas dan dipalak oleh kelompok RO tersebut.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, kelompok sipil bersenjata pimpinan RO juga diduga terlibat dalam kasus penyanderaan dan penembakan terhadap anggota Polres Kepulauan Yapen pada 13 Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com