Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukuman Tak Beri Efek Jera, Pembalakan Terus Berlangsung

Kompas.com - 27/04/2013, 11:51 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Pembalakan liar kembali terungkap di wilayah Kalimantan Barat walaupun sudah berulang kali tindak pidana itu diproses hukum oleh aparat. Pembalakan terus berlangsung karena hukuman kepada pelaku tidak memberikan efek jera.

Pengamat kehutanan Kalbar, Soenarno, menuturkan, vonis terhadap para pelaku pembalakan liar di Indonesia selama ini selalu tak memenuhi harapan para pegiat konservasi alam. "Sangat logis kalau pembalakan liar, termasuk di Kalbar, masih terus berlangsung. Hukumannya tidak memberikan efek jera," kata Soenarno, Sabtu (27/4/2013).

Dalam sebulan ini, terungkap dua kasus pembalakan liar di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kasus pertama diungkap oleh aparat Kepolisian Resor Sambas, yakni dua tempat penggergajian kayu di pinggir Sungai Selakau.

Yang kedua, operasi khusus Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (Sporc) Kalbar juga mengungkap adanya pembalakan liar yang sudah berlangsung tiga bulan di dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Melintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com