Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Pemekaran

Inilah Ibu Kota Kaltara

Sabtu, 27 April 2013 | 09:22 WIB

BULUNGAN, KOMPAS.com — Tanjung Selor, ibu kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara)—yang baru diresmikan Senin lalu—adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur. Tanjung Selor ini daerah yang masih cukup sepi.

Tanjung Selor, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Bulungan ini, luasnya 1.277 km persegi, dengan penduduk 37.539 orang. Kepadatan penduduknya 29,39 jiwa per km persegi.

Di Tanjung Selor, hanya ada satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Jumlah minimarket hanya 4-5 buah. Tidak ada gedung bioskop, mal, hotel berbintang, maupun tempat hiburan keluarga.

Jalanan pun cukup lengang. Bahkan, hanya terdapat empat persimpangan yang memiliki lampu pengatur lalu lintas. Untuk bandara, Tanjung Selor memiliki Bandar Udara Tanjung Harapan, bandara kecil yang selama ini baru diisi rutenya oleh satu maskapai dengan pesawat kecil.

Jika hendak merasakan hiburan, setidaknya mal, atau berbelanja, warga pergi ke Tarakan dengan menggunakan speedboat. Alternatif lain ialah ke ibu kota Kabupaten Berau, yakni Tanjung Redeb, dengan menempuh jalur darat sejauh 125 km.

"Kalau Tanjung Selor sudah difungsikan jadi ibu kota Kaltara, tempat ini bisa ramai. Bisa ada banyak hiburan," ujar Ruslan, warga Tanjung Selor.


Penulis: Lukas Adi Prasetya
Editor : Marcus Suprihadi