Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Ratusan Anak SD Makan Ikan Bersama

Jumat, 26 April 2013 | 15:47 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Ratusan siswa sekolah dasar (SD) mengikuti berpartisipasi dalam makan ikan massal di halaman Gedung Bakorwil Karesidenan Kedu, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2013). Aksi merupakan upaya Pemerintah Kota Magelang mengampayekan gerakan gemar makan ikan nasional.

Kegiatan yang baru pertama digelar di Kota Magelang ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan hari jadi ke-1107 Kota Magelang.

Joko Suparno, Ketua Panitia Gerakan Makan Ikan, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menggalakkan tradisi masyarakat dalam mengonsumsi ikan. Sebab, ikan merupakan salah satu makanan sumber protein hewani dan mengandung unsur gizi lainnya yang baik untuk tubuh.

"Kami ingin mengajak masyarakat Magelang untuk gemar makan ikan. Menjadikan ikan sebagai salah satu makanan hari-hari. Karena ikan sangat bagus untuk kesehatan tubuh, mencerdaskan otak dan memperkuat tulang. Khususnya bagi anak-anak pada masa pertumbuhan," jelas Joko di sela-sela kegiatan).

Acara yang dikemas sederhana ini diikuti oleh 200 siswa SD Cacaban 6 Kota Magelang. Meski cuaca cukup terik, namun mereka tampak antusias dan lahap makan ikan nila goreng beserta nasi putih dan lalapan yang telah disediakan panitia.

Jajaran Muspida Kota Magelang pun berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. "Ikan-ikan ini merupakan sumbangan dari para peternak dan pengusaha ikan di Magelang," imbuh Joko yang juga Kepala Bapeda Pemkot Magelang.

Selain ikan, mereka juga disuguhi minuman jamu. Minuman tradisonal Jawa yang terbuat dari bahan-bahan herbal ini ternyata juga cukup disukai anak-anak. Panitia menyediakan jamu berasa manis seperti jamu beras kencur dan gula asem. Dengan aksi tersebut diharapkan masyarakat gemar minum jamu, serta dapat melestarikan minuman tradisional. H

usni (7), salah satu peserta, mengaku senang mengikuti kegiatan ini meskipun baru pertama kali. Husni mengatakan sejak kecil memang sudah gemar makan ikan dan jamu.

"Aku suka makan ikan nila, lele dan gurame, yang digoreng dan dibakar, karena enak. Aku juga suka minum jamu biar sehat," katanya.


Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Kistyarini