Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Sukses Eggi-Sihat Yakin Lolos Verifikasi Faktual

Kompas.com - 24/04/2013, 22:04 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim pemenangan pasangan cagub-cawagub Jatim, Eggi Sudjana-Sihat tetap yakin pasangan calonnya akan lolos verifikasi faktual. Mereka juga membantah telah memanipulasi data dukungan sebagaimana yang dituduhkan Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur.

Ketua Tim Pemenangan Eggi Sudjana-Sihat, Fatoni, mengungkapkan, sedikit kesalahan administrasi  yang dilakukan timnya sangat wajar, mengingat dukungan KTP dan surat dukungan mencapai jutaan.

''Jika nanti aturannya harus mengganti dua kali lipat kami siap. Tim kami tidak mungkin melakukan manipulasi data dukungan,'' jelasnya, Rabu (24/4/2013).

Terkait kesalahan nama cawagub, pihaknya mengaku memang menggantinya dengan nama M Sihat, sebelumnya dicantumkan Edi Prasetyo.

''Nama Edi Prasetyo sudah dicoret dan diganti nama M Sihat, pencoretan itu disertai tanda tangan dan materai,'' jelasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Jatim mengungkapkan, banyak berkas Eggi Sudjana-Sihat tidak memenuhi syarat pada proses verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota. Menurut laporan Panwas Nganjuk dan Tuluangagung, ada ketidakcocokan berkas surat dukungan dengan fotokopi KTP.

Selain itu, nama pasangan pendamping Eggi Sudjana ditemukan tidak sama, yakni Edi Prasetyo (cawagub lama), tapi ditandatangani oleh M Sihat (cawagub baru).

Eggi Sudjana-Sihat yang merupakan pasangan jalur independen pertama di Jatim ini telah mendaftar ke KPU Jatim awal bulan lalu. Pasangan ini berhasil mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 1.135.748 orang yang tersebar di 37 kabupaten. Jumlah itu melebihi syarat minimal pasangan independen sebanyak 1.118.097 orang atau memenuhi 3 persen dari jumlah penduduk Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com