Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Pekan Edukasi Tanimbar di Maluku Tenggara Barat

Kompas.com - 24/04/2013, 15:41 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013, Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) menyelenggarakan Pekan Edukasi Tanimbar (PESTA) 2013 pada 26 Apr il hingga 2 Mei di Saumlaki.  

 

Kegiatan yang didukung penuh Inpex Corporation ini, digelar untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam bidang akademik maupun non akademik, serta menjadi motivasi bagi para pendidik dan seluruh pihak terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTB.  

 

Kehadiran PESTA tahun ini juga sebagai kelanjutan dari Kampanye Baca, Tulis, Hitung (Calistung) yang digagas Pengajar Muda angkatan sebelumnya.  

 

Sejumlah kegiatan edukasi akan berlangsung selama sepekan. Pawai Pendidikan, Pameran Pendidikan, Kelas Inspirasi, Seminar Pendidikan, hingga beragam lomba. Diikuti siswa, guru serta seluruh stakeholder pendidikan yang tergabung dalam sepuluh kontingen kecamatan.  

 

Seminar pendidikan nantinya akan menghadirkan Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan serta Bupati MTB, Bitzael S Temmar, sebagai pembicara. Kehadiran Rektor Paramadina tersebut diharapkan dapat membuka wawasan terkait hakikat pendidikan sehingga memunculkan kesadaran bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTB.  

 

Sementara beragam lomba yang akan diadakan yakni lomba Bercerita (SD), Membaca Berita dan Mading on the Spot (SMP), English Speech Contest dan Karya Tulis Ilmiah (SMA), serta Smart and Flash yang diikuti siswa SD, SMP, dan SMA.  

 

Smart and Flash adalah lomba cerdas cermat yang dikemas lebih menarik dan kreatif. Lomba bertujuan memperdalam pengetahuan siswa yang diperoleh di sekolah. Dipertandingkan dengan tiga tingkatan, yaitu tingkat SD, SMP, dan SMA.  

 

"Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai langkah awal menuju era pendidikan Tanimbar. Direncanakan setelah ini akan ada kegiatan lanjutan berupa pencanangan Tahun Pendidikan Tanimbar, yang akan diawali dengan kampanye pendidikan," kata Bupati MTB, Bitzael S Temmar.  

 

Mengusung tagline Together to be B etter, gelaran PESTA 2013 ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan dunia pendidikan di MTB yang berada di Kepulauan Tanimbar.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com