Sabtu, 20 September 2014

News / Regional

Calon Legislatif

20 Kepala Desa di Kulon Progo Maju Pemilu 2014

Rabu, 24 April 2013 | 15:05 WIB

Kulon PROGO, KOMPAS.com - Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menerima pengunduran diri sebanyak 20 kepala desa karena mencalonkan diri sebagai peserta Pemilu 2014.

Kasubid Tata Pemeritahan Desa Peda Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa, Suryantoro, di Kulon Progo, Rabu (24/4/2013), mengatakan, sejauh ini sudah ada 20 orang yang telah mengajukan Surat Permohonan pengunduran diri dari jabatannya sebagai kepala desa (kades), yang ditujukan kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo.

"Kemudian kami tindaklanjuti dengan menerbitkan surat keterangan pengunduran diri bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri dari jabatannya. Surat keterangan ini digunakan sebagai lampiran dalam pendaftaran caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo," kata Suryantoro.

Ia mengatakan berdasarkan Pasal 19 Huruf i Angka 4 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 bahwa salah satu dokumen persyaratan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota bagi kepada desa dan perangkat desa adalah surat pernyataan pengunduran diri. Surat yang tidak dapat ditarik kembali itug dilengkapi dengan surat pemberhentian, dan atau surat keterangan bahwa pengunduran dirinya telah diterima, diteruskan dan diproses oleh intansi/pejabat yang berwenang.

"Mereka mengajukan surat pengunduran diri sejak awal April. Kami akan menerbitkan Surat Keputusan Bupati tentang pemberhentian kepada yang bersangkutan pada awal Agustus 2013, atau sebelum ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu 2014 oleh KPU Kulon Progo," katanya.


Sumber: Antara

 


Editor : Agus Mulyadi