Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Tawarkan Buruh Hiburan Saat May Day

Kompas.com - 24/04/2013, 13:59 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama mengaku siap memfasilitasi acara-acara untuk memperingati Hari Buruh Internasional pada 1 Mei mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ingin agar para buruh dapat menikmati hari besar mereka dengan suguhan-suguhan acara ketimbang melakukan demo.

Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh wali kota di Jakarta untuk menggelar beberapa pertunjukan di kantor wali kota. Akan tetapi, acara tersebut akan terlaksana bila ada permintaan dari buruh.

"Kalau buruh mau, nanti akan kita fasilitasi. Nanti ada door price, band, atau barongsai," ujarnya, Rabu (24/4/2013).

Basuki juga sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan untuk menggelar acara-acara hiburan untuk para buruhnya. Namun, tidak ada penempatan khusus untuk menggelar acara-acara ini. Yang pasti, kantor-kantor wali kota Jakarta sudah siap untuk menghibur para pekerja itu.

"Kita bukannya menghalangi (demo buruh), tapi kita memfasilitasi agar para buruh mendapatkan hiburan. Nanti kita usahakan di kantor-kantor perusahaan juga ada. Yang pasti, kantor wali kota sudah siap menjadi tempat pertunjukan untuk buruh," kata mantan Bupati Bangka Belitung Timur ini.

Basuki sebelumnya juga pernah menyarankan agar para buruh lebih baik melakukan fun bike ketimbang menggelar aksi unjuk rasa pada May Day mendatang. Namun, pernyataan Basuki ini malah membuat para buruh sakit hati. Mereka sempat melakukan aksi unjuk rasa terkait pernyataan Basuki tersebut beberapa waktu silam.

Rencananya ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa secara besar-besaran untuk memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Rencananya, buruh akan melakukan aksi unjuk rasa di beberapa titik gedung pemerintahan, seperti Istana Negara, DPR, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BUMN, Kementerian Kesehatan, dan Balaikota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com