Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilegal Fishing, Puluhan Nelayan Filipina Ditangkap

Kompas.com - 24/04/2013, 08:18 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bitung menangkap puluhan nelayan asal negara Filipina karena diduga melakukan kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia.

"Nelayan Filipina tersebut kami tangkap bersama dengan tiga buah kapal ikan jenis pamboat," kata Kepala PSDKP KKP Bitung, Pung Nugroho Saksano, Selasa (23/4/2013) kemarin.

Adapun ketiga kapal Pamboat yang ditangkap tersebut masing-masing FB Hans Joshua yang dinahkodai Wenceslao Rusiang bersama 11 anak buah kapal (ABK), FB Stifweel yang dinahkodai Hendry Lauron dengan 11 ABK dan FB Karen yang dinahkodai Jing-Jing.

"Sewaktu ditangkap ketiga kapal tersebut berada di Zone Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia dengan posisi yang saling berdekatan di Samudera Pasifik," tambah Staf Pengawasan dan Penahanan Pelanggaran PSDK KKP Bitung, Youdi Suawa.

Penangkapan kegiatan ilegal fishing tersebut dilakukan saat PSDKP KKP Bitung menggelar Operasi Pengawasan di Samudera Pasific. Turut diamankan barang bukti berupa ikan hasil tangkapan, 13 unit alat tangkap, alat navigasi, mesin katinting serta beberapa barang bukti lainnya.

Puluhan nelayan Filipina bersama ketiga kapal yang mereka gunakan kini diamanakan di Pelabuhan PSDKP KKP Bitung menunggu proses hukum selanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com