Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Pajak

Kepatuhan Penyampaian SPT Masih Rendah

Selasa, 23 April 2013 | 18:31 WIB

JAMBI, KOMPAS.com -- Kesadaran Wajib Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi masih rendah. Hal tersebut terlihat dari kepatuhan penyampaian SPT yang baru mencapai 69 persen.

Terkait rendahnya kepatuhan tersebut, pihaknya telah menindaklanjuti dengan melakukan penegakan hukum. "Kami sudah memeriksa dan mendapati masih ada wajib pajak yang belum memenuhi kewajiban perpajakan dengan melakukan tindak pidan," tutur Ismiransyah Zain, Kepala Kantor Wilayah Sumatera Barat-Jambi, Selasa (23/4/2013) di Jambi.

Adapun penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan tersebut dilakukan oleh penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat dan Jambi. "Berkas sudah lengkap dan siap masuk persidangan," ujarnya.

Dalam penyidikan, RS selaku Direktur Utama perusahaan outsourcing di Padang, PT AKP, dinyatakan tersangka. Perusahaan ini diduga menarik dana pajak pertambahan nilai kepada karyawannya, namun tidak pernah menyetorkannya kepada negara. Kerugian negara atas korupsi tersebut mencapai Rp 1,03 miliar.


Penulis: Irma Tambunan
Editor : Nasru Alam Aziz