Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geger, Mayat Bayi Ditemukan di Bawah Jembatan

Kompas.com - 23/04/2013, 16:29 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sesosok mayat bayi ditemukan warga di bawah Jembatan Trinil, Kali Progo perbatasan Desa Kalijoso, Secang-Desa Banjarsari, Windusari, Kabupaten Magelang, Selasa (23/4/2013).

Penemuan mayat bayi perempuan itu sontak membuat para penambang batu di kali itu heboh. Adalah Wahyuni (55), warga Dusun Bumirejo 1, Kelurahan Banjarsari, Windusari Kabupaten Magelang yang pertama kali menemukan bayi itu sekitar pukul 09.00. Saat itu ia sedang melakukan aktivitas sehari-harinya sebagai penambang batu.

"Saat menambang, tiba-tiba saya melihat ada sesuatu yang keli (hanyut). Awalnya saya mengira itu boneka. Eh, ketika benda itu mendekat, ternyata bayi yang sudah terlihat biru. Langsung saja saya teriak memanggil penambang lain," ujarnya di lokasi penemuan.

Lalu, salah satu penambang bernama Suwarto (26), warga Purwodadi mengambil mayat bayi itu dan menaruhnya di gethek (perahu) ban yang biasa digunakan menambang batu.

"Saya taruh saja bayi itu di ban. Lalu banyak warga yang berdatangan mendengar ada penamuan bayi itu. Termasuk aparat desa, polisi, dan petugas kesehatan," tuturnya.

Tidak lama kemudian, sejumlah anggota Polsek Secang Magelang berdatangan, termasuk petugas kesehatan dari Puskesmas 1 Secang Magelang. Mereka langsung mengambil alih kontrol di lapangan dan petugas kesehatan langsung memeriksa bayi itu.

Dokter Puskesmas 1 Secang, dr Benyamin menuturkan, kondisi bayi sudah kaku dan mulai membiru. Usia bayi diperkirakan 1-1,5 bulan, berat 3,5 kg, panjang 48 cm dan ditengarai meninggal 1-2 jam sebelum penemuan.

"Dari pemeriksaan, kami melihat tidak ada bekas penganiayaan. Hanya ada memar di kepala dan punggung yang kemungkinan karena terbentur bebatuan sungai. Kami menduga bayi ini meninggal dulu baru tercebur atau masuk ke sungai," tuturnya.

Kapolsek Secang, AKP Sukirman menyatakan akan menindaklanjuti penemuan bayi ini. "Kami akan selidiki kasus ini, termasuk mencari siapa orangtua dari bayi ini untuk kemudian diketahui penyebabnya (kematian bayi, red)," tandasnya seusai meninjau lokasi kejadian.

Setelah diperiksa, jenazah bayi itu langsung dimakamkan oleh warga dan perangkat Desa Kalijoso, Secang Magelang di pemakanan desa setempat. Menurut Sekretaris Desa Kalisojo, Abdul Fiton (50), ternyata kasus penemuan mayat di Kali Progo sudah terjadi berulang kali.

"Setidaknya sudah ada 4 kali penemuan mayat baik bayi maupun sudah dewasa," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com