Fabian Sarundajang Lengkapi Dinasti Politik - Kompas.com

Fabian Sarundajang Lengkapi Dinasti Politik

Jean Rizal Layuck
Kompas.com - 23/04/2013, 11:46 WIB

MANADO, KOMPAS.com  Fabian Sarundajang (37) melengkapi dinasti politik anak-anak Gubernur Sulut, SH Sarundajang, ketika ia maju mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Kakak dan adik Fabian telah lebih dulu terdaftar sebagai calon legislatif untuk kursi DPR dan DPRD Provinsi.

Fabian, Selasa (23/4/2013), di Manado, mengatakan, menjadi anggota DPD adalah hak politik dirinya dan tak terkait dengan ayahnya. "Saya menjadi calon anggota DPD tanpa sepengetahuan papa. Kebetulan saja, saya anak gubernur. Jangan ada diskriminasi anak pejabat," katanya.

Hani Sumakul, tim sukses Fabian, mengatakan, pencalonan putra ketiga gubernur mendapat respons dari masyarakat. Bahkan, jumlah pendukung Fabian sekitar 4.474 orang, terbanyak dari calon anggota DPD yang mendaftar.

Dukungan awal masyarakat untuk anggota DPD minimal 2.000 orang. Fabian sebelumnya Ketua KNPI Sulut, sekarang duduk sebagai bendahara umum DPP KNPI.

"Fabian dikenal luwes dan bermasyarakat. Dia memiliki wawasan, sempat bersekolah di Kanada. Dukungan masyarakat bukan karena dia anak gubernur," kata Hani.

Sebelumnya, kakak Fabian, Vanda Sarundajang, telah terdaftar menjadi caleg untuk DPR RI serta Eva Sarundajang menjadi caleg DPRD provinsi dari daerah pemilihan Minahasa Utara dan Kota Bitung.

Sebelumnya, anak sulung gubernur, Ivan Sarundajang, sukses terpilih sebagai Wakil Bupati Minahasa.

Sekretariat KPU Sulut Jona Oroh mengatakan, pendaftar anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulawesi Utara sebanyak 30 orang. Jumlah pendaftar sedikit dibanding pemilu tahun lalu yang mencapai 40 orang.

 

 

PenulisJean Rizal Layuck
EditorAgus Mulyadi
Komentar