Jumat, 31 Oktober 2014

News / Regional

Kenakan Sarung dan Kopiah, Caleg PKB Mendaftar

Senin, 22 April 2013 | 21:32 WIB

Terkait

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan calon anggota legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur mendaftar ke kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis, Surabaya, Senin (22/4/2013) siang.

Mereka datang dengan berbusana ala santri, mengenakan sarung dan kopiah bagi caleg laki-laki, dan berjilbab bagi caleg perempuan. Mereka memasuki pintu gerbang kantor KPU Jatim diiringi tabuhan rebana yang menyanyikan lagu selawat nabi.

''Kami lahir dari kalangan pesantren, maka kami ingin menguatkan citra budaya santri di PKB,'' kata Ketua DPW PKB Jatim, Halim Iskandar.

Pihaknya sengaja mendaftarkan 100 calegnya tepat pada hari terakhir masa pendaftaran di siang hari pukul 14.00 WIB.

''Tidak ada alasan khusus, hanya agar mudah diingat bahwa kami mendaftar pukul 2 siang, tanggal 22, untuk partai politik nomor 2,'' jelasnya.

Dari 100 daftar nama caleg yang didaftarkan, 90 persen masih berusia muda. Hal itu, kata Halim, bukan berarti menyingkirkan kalangan politisi tua, tetapi menunjukkan bahwa pengaderan di PKB berjalan efektif.

Selain itu, kata Halim, PKB sangat mengapresiasi politisi perempuan. Dalam daftar caleg yang diserahkan ke KPU siang tadi, sebanyak 38 persen nama yang diajukan adalah perempuan.

''Bahkan beberapa dari mereka mengantongi nomor-nomor teratas di dapilnya,'' terangnya.

Saat pemilu 2009 lalu, PKB Jatim berhasil merebut 13 kursi di DPRD Jatim. Pemilu tahun depan, PKB menargetkan perolehan kursi 31 persen di DPRD Jatim.


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Farid Assifa