Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan UN Baru Tiba di Labuan Bajo Pukul 15.00

Kompas.com - 22/04/2013, 19:29 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Sebanyak 4.161 siswa peserta UN SMP/MTs di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, gagal mengikuti ujian sesuai jadwal, Senin (22/4/2013) pagi. Kendalanya adalah bahan ujian baru tiba di Labuan Bajo —kota kabupaten— pukul 15.00 waktu setempat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Manggarai Barat, Marthen Magol, mengakui sebelumnya sempat ada rencana memulai UN pukul 16.00, setidaknya untuk sekolah di Labuan Bajo dan sekitarnya. Namun, niat itu tidak bisa diwujudkan karena panitia bersama pihak terkait masih harus disibukkan membuka, menyortir, serta serah terima naskah kepada setiap kepala sekolah. Kegiatan itu membutuhkan waktu lebih sejam.

"Pengawas dan kalangan siswa juga keberatan kegiatan UN dipaksakan pelaksanaannya Senin petang," jelas Marthen. Distribusi naskah UN untuk Maggarai Barat mengalami gangguan serius karena diturunkan di Bandara El Tari Kupang, Minggu, atau tidak langsung ke Labuan Bajo. Paket naskah itu baru diteruskan ke Labuan Bajo, Senin pagi, tetapi sebagiannya malah diturunkan di Ruteng, kota Kabupaten Manggarai, sekitar 120 km dari Labuan Bajo. Butuh waktu sekitar 8 jam bagi petugas di Dinas PPO Manggarai Barat untuk perjalanan pergi pulang menjemput naskah tersebut.

Sementara itu, sebagian sekolah pelaksana UN SMP/MTs di Manggarai Barat, terpencar di pedesaan terpencil bahkan di seberang laut. Mathen Magol menyebut pengiriman bahan ke beberapa sekolah membutuhkan waktu 4-8 jam dari Labuan Bajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com