Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Pastikan Punya Calon Gubernur di Pilgub Jatim, Siapa?

Kompas.com - 22/04/2013, 14:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — PDI-P memastikan akan mengusung pasangan calon kandidat gubernur dan wakil gubernur Jatim pada Pilgub Jatim, Agustus mendatang. Sayangnya, partai berlambang kepala banteng ini belum bersedia menyebut siapa nama pasangan tersebut.

Ketua DPD PDI-P Jatim Sirmadji mengatakan, PDI-P memiliki modal politik cukup kuat di parlemen hasil Pemilu 2009 lalu sehingga tidak memerlukan koalisi dengan partai lain. ''Kami punya 17 kursi di DPRD Jatim. Jumlah itu lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon sendiri,'' kata Sirmadji usai mendaftarkan caleg PDI-P di kantor KPU Jatim, Senin (22/4/2013).

Sirmadji yakin, meskipun tidak berkoalisi dengan partai lain, massa partainya akan all out mendukung pasangan yang akan direkomendasi PDI-P. ''Mesin partai kita di daerah sudah jalan dan siap memenangkan Pilgub Jatim nanti,'' jelas Sirmadji.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menolak menyebut siapa saja nama pasangan calon tersebut. Yang jelas, kini sudah ada di DPP dan dalam waktu dekat segera akan disosialisasikan kepada masyarakat dan kader PDI-P di Jatim. Seperti diberitakan, PDI-P sepertinya memilih langkah politik dalam hal konsolidasi partai pada pilgub nanti dengan mengusung kadernya sendiri.

Langkah politik itu sepertinya untuk menyongsong target Pemilu 2014 nanti. Sejumlah nama kader terbaik telah digodok dan sudah melalui proses uji kelayakan, antara lain, Sirmadji sendiri, Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, anggota DPR RI komisi VIII Said Abdullah, Wali Kota Probolinggo Bukhori, dan mantan Sekjen PDI-P Pramono Anung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com