Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Gelar Aksi Selamatkan Orangutan

Kompas.com - 22/04/2013, 13:56 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Aktivis Pro Fauna menggelar kampanye menyelamatkan orangutan di Lampung pada peringatan  Hari Bumi yang berlangsung di Tugu Adipura, Bandarlampung, Senin (22/4/2013).

"Kami sangat senang mendapatkan dukungan. Partisipasi aktif dari komunitas lokal sangat kami perlukan dalam pelestarian orangutan yang semakin terancam punah," kata juru bicara Pro Fauna, Made Astuti.

Kampanye penyelamatan orangutan pada Hari Bumi itu itu bersama komunitas peduli lingkungan lainnya. Aksi didukung juga oleh komunitas motor.

Para aktivis mengenakan kaos yang bergambar orangutan, bahkan dua di antaranya memakai kostum orangutan.

Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di Asia, sementara tiga kerabatnya gorila, simpanse, dan bonobo hidup di Afrika.

Sekitar 20.000 tahun lalu, orangutan dapat dijumpai di seluruh Asia Tenggara, dari Pulau Jawa di ujung selatan sampai ujung utara Pegunungan Himalaya.

"Orangutan sekarang hanya ditemukan di Sumatera dan Kalimantan, punahnya populasi mamalia tersebut karena pengerusakan dan perdagangan masif," kata Made Astuti.

Ia mengatakan, diperkirakan populasi hewan tersebut tersisa 6.000 ekor.

Aksi Pro Fauna di Lampung merupakan rangkaian kampanye Ride For Orangutan, yang akan dilakukan di enam provinsi di Sumatera, antara lain Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

Kampanye keliling Sumatera itu dilakukan dengan kendaraan sepeda motor, yang diperkirakan akan membutuhkan waktu selama dua bulan.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com