Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Terlambat, UN SMP di Bogor Ditunda Satu Jam

Kompas.com - 22/04/2013, 07:51 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian nasional SMP di Kabupaten Bogor, Jawa Barat terpaksa ditunda selama satu jam, karena naskah soal terlambat datang.

"Sesuai dengan kebijakan Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Daerah, dan Wakil Bupati Bogor, kami bersepakat pelaksanaan UN SMP ditunda satu jam. Ujian akan dilaksanakan serentak pukul 09.30 WIB," kata Ketua Panitia UN Dinas Kabupaten Bogor, Gada Sembada, saat dihubungi Senin (22/4/2013) pagi.

Gada menjelaskan, penundaan dilakukan berhubung dengan keterlambatan soal ujian Bahasa Indonesia dari percetakan di Tangerang.

Soal UN Bahasa Indonesia yang diperuntukkan 144 sekolah di 16 rayon di Kabupaten Bogor terlambat datang. Soal baru dikirim dari percetakan sekitar pukul 03.30 WIB.

Soal tersebut tiba di SKB Keradenan, yang menjadi tempat titik bongkar soal di Kabupaten Bogor, sekitar pukul 05.00 WIB. Soal langsung didistribusikan ke 16 rayon.

Rayon-rayon yang belum mendapatkan soal tersebut beberapa ada di daerah jauh seperti Cariu, Parung Panjang, Jasinga, Leuwiliang, dan lainnya.

"Karena mempertimbangkan pengiriman soal baru dilakukan jam 06.00 WIB ke rayon, artinya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam untuk sampai di sekolah. Jadi kami sepakat pelaksanaan UN di seluruh sekolah di Kabupaten Bogor dimulai jam 09.30 WIB," kata Gada.

Gada menyebutkan, kendala keterlambatan pengiriman soal sudah terlihat sejak Minggu saat soal-soal didistribusikan hanya sebagian, terjadi kekurangan pengiriman soal untuk IPA dan Bahasa Indonesia.

Hingga Minggu malam pukul 20.30 WIB, soal Bahasa Indonesia, untuk 16 rayon masih belum dikirim dari percetakan. Hingga soal yang diperuntukkan 144 sekolah 16 rayon baru diterima Senin pagi.

Ujian nasional tingkat SMP di Kabupaten Bogor diikuti oleh 74.211 siswa yang terdiri dari 52.038 siswa SMP dan 22.173 siswa MTS.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com