Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah UN Terlambat Tiba karena Tak Ada Avtur

Kompas.com - 22/04/2013, 07:44 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Pengiriman naskah ujian nasional SMP ke sejumlah daerah kepulauan di Sulawesi Utara terhambat, karena pesawat ketiadaan bahan bakar. Akhirnya pengiriman baru dapat dilakukan Senin (22/4/2013) pagi, menggunakan pesawat TNI Angkatan Laut.

Dr Philoteus Tuerah, Rektor Universitas Negeri Manado, sebagai Koordinator Pengawasan dan Distribusi Ujian Nasional, mengatakan, pihaknya tak dapat memaksakan pihak TNI AL untuk mengirim naskah Minggu pagi.

"Saya dapat informasi, belum ada bahan bakar avtur di Melonguane hari Minggu, sehingga pengiriman naskah ditunda," katanya.

Dilaporkan, pesawat TNI AL sehari-hari digunakan untuk kegiatan pemantauan perbatasan tiba di Bandara Melonguane, Senin, sekitar pukul 07.00 WIT. Dari bandara naskah ujian langsung di distribusi.

Penggunaan pesawat milik TNI dalam bentuk kerjasama, karena dalam kondisi darurat pengiriman naskah hanya dapat dilakukan melalui udara.

Pelaksanaan ujian nasional SMP diseluruh Kabupaten Talaud tetap dilaksanakan hari ini, meski jadwal ujian harus molor sampai petang. "Tidak ada penundaan hari, yang ada penundaan jam," katanya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com