Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Regional

Radio Komunitas Kalbar Usung Gerakan Indonesia Bersih

Senin, 22 April 2013 | 02:10 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sejumlah pengelola radio komunitas di Kalimantan Barat mengusung gerakan untuk mendukung Indonesia bersih dan terbebas dari korupsi.

Ketua Jaringan Radio Komunitas Kalbar, Deman Huri di Pontianak, Minggu mengatakan, gerakan itu cara bagi radio komunitas berkomitmen ikut andil dalam melawan korupsi di Indonesia. "Salah satunya, dengan cara ’mengudara melawan korupsi’," ujar Deman Huri, Minggu (21/4/2013).

Sejumlah komitmen yang dihasilkan yakni mendukung setiap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia khususnya di Kalbar. Kemudian, mendorong kesadaran kritis masyarakat untuk aktif dalam gerakan anti korupsi. "Radio komunitas juga mengawal dan memastikan terwujudnya transparasi dan akuntabilitas tata kelola pembangunan bagi publik," ujarnya.

Ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Sinam M Sutarno mengatakan, Indonesia dibangun untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. "Kesejahteraan rakyat akan terwujud dengan pengelolaan anggaran negara yang tranparan dan akuntabel dan tepat sasaran," ujarnya.

Guna memastikan anggaran tepat sasaran, maka dibutuhkan partisipasi masyarakat. "Radio komunitas sebagai media pendidikan bagi komunitas tentang gerakan anti korupsi di Indonesia," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, radio komunitas perlu memperluas dukungan publik untuk gerakan anti korupsi agar terwujud Indonesia yang bersih dan bermartabat.

Sinam berharap, radio komunitas mampu menyediakan slot waktu siaran 5-10 menit perhari untuk pesan antikorupsi dan memproduksi tentang Indonesia Bersih. "Misalnya reportase tentang pembangunan di wilayah jangkauan siaran," kata Sinam.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: