Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waria Pun Peduli Kartini

Kompas.com - 21/04/2013, 16:58 WIB
Cokorda Yudhistira

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Peringatan Hari Kartini di Denpasar, Minggu (21/4/2013), disemarakkan dengan unjuk rasa Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Perempuan Bali. Mereka menggelar orasi dan aksi teatrikal bertemakan penghentian kekerasan terhadap anak dan perempuan di depan kompleks Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon, Kota Denpasar, Minggu sore.

Menariknya, unjuk rasa itu diikuti puluhan wanita pria (waria) dari komunitas waria Kuta, Ogawata. Pria rupawan itu turut meneriakkan yel menolak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Koordinator aksi Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Perempuan, Yastini, dari YLBHI LBH Bali, mengatakan, aksi digelar untuk memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya penghentian segala bentuk kekerasan terhadap anak dan perempuan. "Kami ingin memberikan penyadaran bahwa kekerasan dan diskriminasi itu masih terjadi dan kekerasan itu harus dihentikan," kata Yastini.

Aktivis Ogawata Jovan menambahkan, mereka dari kalangan waria tergugah dan mau terlibat aksi karena merasa peduli terhadap anak dan perempuan. Selain itu, menurut Jovan, mereka juga perlu memberi pemahaman ke masyarakat bahwa waria juga rentan mengalami diskriminasi dan kekerasan. "Kami ingin kekerasan itu distop," ujar Jovan di sela-sela unjuk rasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com