Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Longsor Pakai Semprotan Air

Kompas.com - 21/04/2013, 12:46 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Proses pengangkatan korban yang tertimbun longsor di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, memakai semprotan air untuk memudahkan penggalian tumpukan material tanah longsor.

Sampai Minggu (21/4/2013) siang ini, ketiga korban belum berhasil ditemukan. "Kami kesulitan mengevakuasi longsoran tanah karena hanya bisa memakai alat manual, seperti cangkul dan dibantu semprotan air untuk memudahkan penggalian. Alat berat tidak bisa ke lokasi, karena longsor terjadi di tepi jurang," kata Kepala BPBD Kabupaten Garut, Zatzat Munazat di lokasi kejadian, Minggu (21/4/2013) siang.

Saat ini, tim evakuasi dari gabungan unsur TNI, Polri, BPBD dan warga setempat belum berhasil menemukan para korban. Namun, dia  berharap korban akan segera ditemukan, meski dengan peralatan seadanya. "Meski dengan peralatan manual, mudah-mudahan kita segera menemukan para korban," ujar Zatzat.

Di lokasi kejadian, usaha pencarian korban longsor ini dikerumuni warga setempat yang ingin melihat lokasi. Sehingga, para pencari terpaksa memberikan garis pembatas untuk warga di lokasi. Pasalnya, lokasi bencana masih rawan terjadi longsor susulan, akibat cuaca buruk masih berpotensi terjadi.

"Kami melarang para pengunjung untuk turun ke bawah tebing, untuk meminimalisir adanya korban jiwa," tambah dia.

Diberitakan sebelumnya, sebuah tebing pegunungan dengan ketinggian sekitar 300 meter di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, longsor, Sabtu kemarin. Longsor itu menimpa tiga orang warga yang sedang bertani di bawahnya. Mereka adalah Elah (40), Enoh (40) dan Juhaena (36). Semua korban berasal dari Kampung Pamulaan RT 01/01 Desa Parakan, Kecamatan Samarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com