Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Bakti Jelang UN, Siswa SMP Tewas Tenggelam

Kompas.com - 20/04/2013, 17:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kerja bakti menjelang ujian nasional (UN) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) II Gedangsari Gunungkidul DIY, membawa korban jiwa salah seorang siswanya Ari Prakoso (12), siswa kelas I, tewas tenggelam saat mencuci tikar di sungai, Sabtu (20/4/2013) pagi.

Kasi Humas Polsek Gedangsari Aiptu Sutaya, pelajar yang beralamat di Dusun Soko, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul tewas saat mencuci tikar di Sungai Prengguk pada Sabtu sekitar pukul 08.00 WIB.  "Korban bersama tiga orang temannya mendapat tugas mencuci tikar di sungai," kata Sutaya, Sabtu.

Ia menambahkan, para siswa itu awalnya mencuci di tepi sungai. Namun Ari, yang merasa tidak puas dengan hasil cuciannya, melangkah ke tengah sungai untuk mencuci tikar itu. Ari diketahui tidak bisa berenang.

Sutaya menjelaskan, menurut ketiga temannya, ketika Ari tenggelam dia sempat muncul lagi ke permukaan sungai. Namun dia tenggelam lagi dan tidak muncul lagi. Teman-temannya pun berteriak meminta tolong. "Guru dan siswa mencoba untuk menolong, namun korban terseret arus," paparnya.  

Warga kemudian menghubungi polisi dan tim SAR Gunungkidul untuk mencari keberadaan korban. Jenazah Ari  ditemukan di dasar sungai tidak jauh dari lokasi mencuci.

Hasil pemeriksaan tim identifikasi Polres Gunungkidul dan tim medis setempat menyatakan tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan pada jenazah siswa SMP itu. Jenazah korban selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com