Kamis, 31 Juli 2014

News / Regional

KEDIRI

Peringatan Hari Kartini: "Fashion Show", Memasak, Merias

Sabtu, 20 April 2013 | 12:50 WIB

Berita terkait

KEDIRI, KOMPAS.com — Peringatan Hari Kartini selalu diisi dengan berbagai kegiatan yang berulang setiap tahunnya. Seperti yang dilakukan oleh para perempuan pegawai negeri sipil dan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Pemerintahan Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (20/4/2013).

Ada empat kegiatan yang digelar, yaitu lomba menyajikan masakan, lomba baca puisi, lomba fashion show, dan lomba merias wajah dengan mata tertutup. Kegiatan yang berlangsung di Balai Kota Kediri di Jalan Basuki Rahmad itu juga diwarnai dengan nuansa batik dari pakaian yang mereka kenakan.

"Untuk melatih kreativitas. Di sini kita juga bisa melihat bagaimana ibu-ibu mampu merias dengan mata tertutup," kata Dahlia, ketua tim penggerak PKK.

Wali Kota Kediri Samsul Azhar mengatakan, pihaknya sengaja menggelar bermacam kegiatan itu untuk menggelorakan semangat Kartini dalam kehidupan para perempuan di lingkup pemerintahannya. Semangat Kartini, menurutnya, harus terus dijaga untuk membentuk dinamisasi kehidupan.

"Dengan semangat Kartini, ibu-ibu itu akan teberdayakan," kata wali kota berlatar belakang profesi dokter ini.

Wali Kota menambahkan, mengacu semangat Kartini, hal itu seharusnya membuat para wanita lebih kreatif lagi agar mampu mengangkat derajatnya. Dengan begitu, menurutnya tidak ada lagi kaum hawa yang mencari nafkah di negeri orang.

"Kartini-Kartini Indonesia tidak perlu ke luar negeri karena di Indonesia ini masih banyak yang perlu dilakukan," imbuhnya.

Kegiatan yang diawali dengan upacara bersama itu diikuti oleh para perempuan dari satuan-satuan kerja hingga tingkat kelurahan.


Penulis: Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Editor : Farid Assifa