Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mamuju Utara Kekurangan Naskah UN

Kompas.com - 20/04/2013, 10:15 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Bupati Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat,  Ir H Agus Ambo Djiwa, mengakui daerahnya kekurangan naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat.

"Saya tidak hafal secara terperinci, berapa sekolah yang mengalami kekurangan naskah UN. Yang pasti, hasil informasi dari panitia UN ternyata terjadi kekurangan naskah," kata Agus Ambo Djiwa di Mamuju, Sabtu (20/4/2013).

Menurut Agus, persoalan kurangnya naskah UN ini tetap dilakukan langkah antisipasi, agar tidak terjadi penundaan.

"Dampak kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat kita rasakan. Salah satunya, buntut tertundanya pelaksanaan UN yang sedianya berlangsung 15 April 2013, dengan terpaksa baru dapat dilaksanakan pada 19 April 2013," ungkapnya.

Agus yang juga ketua DPD PDIP Sulbar ini menyesalkan Kemendikbud, karena proses percetakan naskah UN terpusat di Jakarta. "Hal ini yang mempengaruhi molornya pelaksanaan UN di 11 provinsi, karena proses percetakan dipusatkan di Jakarta," katanya.

Karena itu, lanjutnya, pelaksanaan UN tahun depan tidak lagi terulang dengan kondisi sekarang, karena bisa mempengaruhi hasil UN di daerah.

"Kami minta agar pemerintah pusat memberikan kewenangan pembuatan naskah UN untuk dikelola ke daerah. Jika ini dilakukan, maka kendala distribusi dan molornya percetakan tidak akan terjadi," ujar Agus.

Bupati berharap, penundaan pelaksanaan UN tidak mempengaruhi hasil akhir sehingga siswa Matra lulus 100 persen.

"Sebetulnya pelaksanaan UN ini tidak mempengaruhi kualitas siswa. Contohnya, di era presiden Soekarno tidak ada istilah pelaksanaan UN. Namun nyatanya, tetap saja ada lahir pemimpin-pemimpin yang berkualitas tanpa melalui proses UN," ujarnya.

Menurut Agus, yang harus dilakukan adalah bagaimana melakukan proses pembelajaran secara benar, sehingga daerah ini mampu mencetak generasi muda yang handal.

"Yang jelas siswa SMK sederajat kita harapkan bisa lulus 100 persen atau minimal seperti kondisi tahun ajaran sebelumnya, dengan capaian angka 99 persen lebih," kata bupati.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com