Banjir Bandang Terjang Gorontalo, Ratusan Rumah Rusak - Kompas.com

Banjir Bandang Terjang Gorontalo, Ratusan Rumah Rusak

Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa
Kompas.com - 19/04/2013, 19:26 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Ratusan rumah dilaporkan rusak akibat banjir bandang yang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Gorontalo. Tiga kecamatan itu adalah Batudaa, Biluhu Barat, dan Batudaa Pantai.

Operator pengendalian bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo, Azrin Asiari, Jumat (19/04/2013), mengatakan, banjir bandang berasal dari perbukitan sekitar dan mulai menerjang beberapa desa di tiga kecamatan tersebut pada Kamis sekitar pukul 18.00 Wita.

"Banjir bandang merusak ratusan rumah, dua sekolah, dan satu tanggul," kata Azrin. Akses jalan dan jembatan di Kecamatan Batudaa juga rusak tergerus arus air.

BPBD memperkirakan sekitar 300 keluarga harus kehilangan tempat tinggal. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat bencana ini.

Wakil Bupati Gorontalo Tonny Junus, Jumat (19/04/2013) pagi tadi, meninjau kerusakan infrastruktur di Kecamatan Batudaa. Dalam kesempatan itu, Tonny meminta Balai Sungai setempat terus berkoordinasi dan bekerja sama untuk memperbaiki tanggul panipi yang rusak.

Tonny juga menginstruksikan jajarannya untuk memperbaiki pagar tembok SDN 7 Batudaa yang jebol. "Saya juga telah menginstruksikan jajaran saya untuk segera memperbaiki jembatan yang rusak agar akses jalan bisa segera digunakan kembali," kata Tonny.

PenulisKontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X