Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekeluarga Tewas Tertimbun Longsor di Bogor

Kompas.com - 19/04/2013, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan longsor di Kelurahan Sempur, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (19/4/2013) sekitar pukul 16.00 WIB. Longsor menimpa sebuah rumah sehingga menyebabkan 4 orang penghuninya tewas.

Korban meninggal adalah Asih (60), Nunu (40), Rina (21) dan balita Lia (5). Korban merupakan satu keluarga dan semuanya perempuan. Korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Salak Bogor.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, Kelurahan Sempur merupakan daerah rawan bencana karena tanahnya merupakan lembah. Daerah itu juga merupakan kawasan padat permukiman dan memiliki tingkat kerentanan yang tinggi.

Bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan masyarakat membangun rumah di daerah yang rawan longsor.

"Perumahan dibangun pada lereng-lereng di lembah yang berbatasan dengan Sungai Ciliwung Hulu. Padatnya perumahan menyebabkan terbatasnya mitigasi struktural untuk menahan longsor. Hal inilah yang menyebabkan Kelurahan Sempur memiliki tingkat risiko tinggi dari bencana longsor," beber Sutopo, Jumat.

Sutopo mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya terkait dengan cuaca ekstrem. Dinamika atmosfer dan masih hangatnya perairan di wilayah Indonesia menyebabkan cuaca ekstrem tetap berpotensi tinggi menimbulkan banjir, longsor dan puting beliung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com