Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

132 PSK dan 29 Balita di Malang Terinfeksi HIV/AIDS

Kompas.com - 19/04/2013, 14:05 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 132 pekerja seks komersial (PSK) dan 29 anak balita di Kabupaten Malang positif terinfeksi HIV/AIDS sepanjang tahun 2012. 

"Sepanjang tahun 2012, data yang kami dapatkan, ada 132 PSK yang positif terinfeksi HIV/AIDS. Sebanyak 29 korbannya adalah anak balita," kata Tri Awignami Astoeti, Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Langsung, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Jumat (19/4/2013).

Tri menambahkan, penderita HIV/ADIS dari unsur umum sebanyak 248 orang. "Dari kalangan PNS ada 8 orang, wiraswata ada 57 orang, juru parkir ada 2 orang, dan pelajar ada 2 orang. Korban dari anak balita ini yang tergolong banyak. Untuk anak balita biasanya terinfeksi dari ibunya atau bapaknya," kata Tri.

Melihat angka korban dari unsur anak balita yang cukup tinggi, Tri berharap agar para ibu berhati-hati demi keselamatan anaknya. "Jika ada gejala mengarah pada virus itu, harus segera memeriksakan. Harus sadar diri untuk ke puskesmas atau ke dokter ahli," ujarnya.

Lebih lanjut Tri menambahkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan pihak LSM menyosialisasikan pemakaian kondom di beberapa lokalisasi di Kabupaten Malang. "Untuk data korban tahun 2013, kami belum ketahui secara pasti," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com