Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel dan Tas Peserta UN di Majene Digeledah

Kompas.com - 18/04/2013, 14:40 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan yang sederajat di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, berlangsung dengan pengawasan ketat aparat kepolisian dan pengawas ruangan, Kamis (18/4/2013).

Setiap peserta diperiksa untuk memastikan dia tidak bisa melakukan kecurangan. Pengawas menggeledah tas peserta, kemudian peserta diminta memasukkan ponsel dan buku ke dalam tas masing-masing. Tas itu kemudian dititipkan di bagian depan kelas.

Pengawasan ketat itu dilakukan untuk meminimalkan peluang kecurangan. Misalnya, siswa mendapat bocoran soal dan jawaban, mengingat siswa di sebagian besar provinsi di Indonesia sudah melaksanakan UN.

Hingga pelaksanaan UN hari ini rampung, tidak ditemukan adanya indikasi kecurangan, seperti peredaran kunci jawaban melalui pesan singkat (SMS) atau catatan yang dibawa siswa ke dalam kelas.

Di Kabupaten Majene, jumlah peserta UN mencapai lebih dari 3.000 siswa. Berbagai persoalan seperti kekurangan naskah soal diatasi dengan cara memfotokopi soal atau mengambil kelebihan naskah dari sekolah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com