Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2013, 14:05 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

MALANG, KOMPAS.com -- Warga Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, menemukan lumpang dan dolmen yang diduga peninggalan zaman prasejarah.

"Sudah banyak penemuan di sini. Mulai tahun 1993 ditemukan yoni, tahun 2006 ada arca temuan tahun 1960-an yang akhirnya dijual, hingga yang sekarang ini ditemukan adalah batu dolmen dan lumpang," ungkap Ketua RW 1 Bakalankrajan Sukun, Endro Sariatmoko, Kamis (18/4/2013).

Batu dolmen dan lumpang tersebut ditemukan tersebar di halaman rumah warga. Saat ini batu-batuan tersebut disimpan di halaman balai RW 1, dikumpulkan dengan temuan Yoni yang sudah ditemukan pada tahun 1993.

Dosen sejarah IKIP Budi Utomo Malang, Suwardono menjelaskan, dolmen atau meja batu biasanya digunakan sebagai altar persembahan bagi warga pada zaman prasejarah. Adapun lumpang merupakan alat penumbuk padi untuk persembahan. Semuanya merupakan penanda kesuburan di wilayah tersebut.

"Dengan ditemukannya yoni, arca, batuan candi, serta lumpang dan dolmen, bisa diduga daerah tersebut dahulunya adalah kawasan pemukiman. Di kawasan ini juga diduga ada candi, mengingat ditemukan yoni dan batuan candi yang merupakan inti sebuah candi," papar Suwardono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com