Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2013, 15:29 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Anggota Polres Badung, Bali, Aipda Komang Sarjana, yang terekam kamera tengah memalak turis asal Belanda, Kees van der Spek, dijatuhi hukuman kurungan selama 21 hari di dalam sel khusus Mapolda Bali. Rekannya, Bripka Ketut Indra Jaya, yang juga masuk dalam video yang tersebar di Youtube tersebut, dijatuhi hukuman kurungan 14 hari.

Sarjana dan Indra Jaya menjalani sidang pelanggaran disiplin di Propam Polda Bali, Senin (15/4/2013). Keduanya terbukti bersalah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang peraturan disiplin kepolisian negara. Keduanya melanggar Pasal 5 huruf a dan Pasal 6 huruf w, yang intinya bahwa setiap anggota Polri wajib menjaga martabat aparat pemerintahan dan tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat menurunkan nama baik.

"Dia ditempatkan di tempat khusus di sel. Untuk Sarjana, 21 hari, dan Indra Jaya 14 hari," ujar Kabid Humas Polda Bali Komisaris Besar Hariadi saat ditemui di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Rabu (17/4/2013).

Hukuman ini berlaku efektif mulai Selasa (16/4/2013) kemarin. Sarjana dan Indra Jaya ditempatkan di sel Propam dan dipisah dari sel tahanan umum. Selama menjalani masa tahanan, keduanya juga akan mendapat pembinaan.

Video yang merekam pemalakan oleh oknum polisi tersebut beredar di situs Youtube berjudul "Corruption Police in Bali, Indonesia". Video berdurasi 4 menit 49 detik tersebut berisi adegan "pemalakan" seorang oknum polisi yang berjaga di pos polisi Lio Square, perempatan Petitenget, Kuta Utara, terhadap wisatawan asal Belanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com