Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Lion Air Itu Baru Sebulan Terbang

Kompas.com - 13/04/2013, 20:08 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Lion Air Boeing 737-800 NG, nomor penerbangan JT 904 yang mengalami kecelakaan di laut Selat Bali, Sabtu (13/4/2013) pukul 15.00 WITA, adalah pesawat baru. Pesawat dari Amerika Serikat itu baru mulai terbang Maret 2013.

"Tanggal pastinya saya tidak ingat, tapi baru beroperasi satu minggu setelah kita terima. Itu yang penting baru," ujar Direktur Operasional PT Lion Air Edward Sirait dalam konferensi persnya di kantor Lion Air, Jakarta, Sabtu (13/4/2013).

Ia membantah pesawat itu tidak laik terbang. Selain baru didatangkan dari pabrik, pesawat tersebut belum mengalami penggantian suku cadang atau kerusakan. Pesawat itu pun menjalani pemeriksaan secara rutin oleh tenaga-tenaga ahli setiap hari.

Soal penyebab kecelakaan tersebut, Edward mengaku pihaknya belum mendapat kronologis kecelakaan. Pihaknya menyerahkan penyelidikan kecelakaan tersebut ke pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta Departemen Perhubungan.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air penerbangan Banjarmasin-Bandung-Denpasar, yang membawa 95 penumpang dewasa, 3 anak-anak, 1 bayi, dan 7 awak, gagal mendarat di ujung barat landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali, pukul 15.35 Wita. Pesawat itu jatuh ke laut. Badan pesawat patah di dekat ekor dan mengapung di Pantai Segara, Kuta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com