Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Sempat "Landing", Pesawat Jatuh ke Laut

Kompas.com - 13/04/2013, 19:20 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat Lion Air jenis Boeing 737-800 NG dengan nomor penerbangan JT-904 yang jatuh ke laut belum sempat menyentuh landas pacu. "Ketika hendak mendarat di Denpasar, tidak sempat sampai landasan sudah mengalami insiden," ujar Direktur Operasional PT Lion Air Edward Sirait dalam konferensi persnya di kantor Lion Air, Jakarta, Sabtu (13/4/2013) malam.

Ia menjelaskan, pesawat yang mengangkut 101 penumpang yang terdiri dari 95 penumpang dewasa, 5 anak, 1 bayi, dan 7 awak itu terbang dari Bandung pukul 12.30 WIB dan mendarat pukul 15.00 Wita.

Edward mengaku belum mendapat kronologi pasti dan penyebab kecelakaan itu. Pihaknya menyerahkan penyelidikan kecelakaan ini kepada pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Departemen Perhubungan.

"Soal penyebab, kami tak berwenang menjawab itu. Yang saat ini kami fokuskan adalah bagaimana keadaan penumpang di sana," katanya.

Kini, evakuasi penumpang telah selesai dilakukan. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, ada penumpang yang dibawa ke dua rumah sakit, yakni RS Kasih Ibu dan RS Sanglah.

Edward mengaku, ia hanya mengetahui jumlah penumpang yang dirawat di RS Kasih Ibu, yakni 18 orang. Satu orang di antaranya dilaporkan terluka. Edward tak bisa memastikan kapan pihaknya akan mengumumkan penyebab kecelakaan itu. Sebab, hal tersebut adalah wewenang Dephub melalui KNKT, sementara PT Lion Air, kata Edward, hanya akan mendapat laporan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com