Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KA Ekonomi Tuntut Penurunan Tarif

Kompas.com - 13/04/2013, 09:39 WIB
Ferganata Indra Riatmoko

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Puluhan penumpang KA Progo kelas ekonomi yang menempuh perjalanan dari Jakarta berunjuk rasa di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Sabtu (13/4/2013). Penumpang yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Pengguna dan Pelanggan KA Ekonomi Jarak Jauh tersebut memulai aksi setelah KA Progo tiba di stasiun tersebut sekitar pukul 6.30, dengan membentangkan spanduk berisi ratusan tanda tangan dukungan dan tulisan tuntutan mereka.

Mereka menolak kenaikan tarif KA ekonomi jarak jauh yang dinilai tidak proporsional, meminta pengembalian jadwal KA ekonomi jarak jauh seperti semula, dan menolak penghapusan subsidi KA ekonomi jarak jauh.

Tuntutan tersebut disampaikan oleh Stefanus Dwi selaku koordinator aksi tersebut ke Kepala Stasiun Lempuyangan Heru Hartanto. Pihak stasiun pun berjanji akan menyampaikan tuntutan tersebut kepada pimpinan PT KAI.

Kenaikan tarif tersebut dinilai sangat memberatkan para penumpang KA Ekonomi Progo yang sebagian besar merupakan pelaju. Jose, salah satu pelaju yang setiap akhir pekan pulang ke Yogyakarta menggunakan KA tersebut mengatakan, pengeluarannya membengkak setelah pemberlakuan kenaikan tarif KA Progo, dari Rp 35.000 menjadi Rp 90.000.

"Pengeluaran saya untuk pulang pergi Jakarta-Jogja termasuk untuk biaya makan dan lain-lain per bulan saat ini mencapai Rp 1 juta," ujar Jose.

Menurut Jose, sebenarnya mereka tidak membutuhkan fasilitas mewah seperti AC split yang rencananya akan dipasang PT KAI di KA ekonomi. "Tidak semua dari kami sehat dan membutuhkan fasilitas AC tersebut. Terutama saat malam hari karena justru menjadi sangat dingin," kata Jose.

Mereka mendamba tarif yang terjangkau sehingga dapat menempuh perjalanan bertemu keluarga secara hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com