Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meletus Lagi, Gunung Lokon Lontarkan Debu Setinggi 4 Kilometer

Kompas.com - 13/04/2013, 03:38 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Seakan tidak pernah beristirahat, Gunung Api Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, kembali melontarkan material pijar dan kolom abu setinggi 4.000 meter, Sabtu (13/4/2013) sekitar pukul 02.29 Wita.

"Berbeda dengan letusan sebelumnya yang terjadi beberapa hari yang lalu, letusan Lokon kali ini disertai dengan bunyi dentuman yang sangat kuat," ujar Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi, Surono. Letusan juga diikuti dengan kolom abu yang lebih tinggi dari biasanya.

Sebelumnya, Lokon meletus dan rata-rata hanya melontarkan debu setinggi 3.000 meter dari Kawah Tompaluan. Letusan kali ini diawali dengan catatan seismik 4 kali gempa tektonik, 31 gempa vulkanik dalam, 46 kali gempa vulkanik dangkal, serta 8 kali gempa embusan.

Danramil Kota Tomohon Kapten Ahmad Nurdin mengatakan, walau terjadi letusan di saat warga sedang istirahat, hingga saat ini, warga Tomohon yang bermukim di sekitar Gunung Lokon tetap kondusif. Sebelumnya, pada Jumat (12/4/2013) sore, Gunung Api Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, juga meletus disertai dengan luncuran awan panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com