Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Hujan, Kampung Mulia Kencana SP VII Mimika Mendadak Tergenang

Kompas.com - 13/04/2013, 00:27 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com — Puluhan rumah warga di Kampung Mulia Kencana, Satuan Pemukiman (SP) VII, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, terendam air sejak Jumat (12/4/2013) pagi. Tidak ada korban jiwa, tetapi puluhan rumah dan sejumlah ruas jalan terendam air sehingga mengganggu aktivitas warga.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, luapan air mulai terjadi sekitar pukul 07.30 WIT ketika tiba-tiba aliran air keruh memenuhi parit kampung. Karena debit yang besar, air pun meluap hingga menggenangi pekarangan, bahkan sebagian besar permukiman yang lebih rendah dari jalan terendam air.

Banjir ini sangat mengagetkan warga karena terjadi bukan di saat musim hujan. Siti Maisaroh, warga jalur 9, salah seorang warga yang rumahnya terendam air, mengaku sudah mengalami banjir sebanyak tiga kali, tetapi tidak sebesar ini dan terjadi pada musim hujan. "Kejadian ini sudah tiga kali, tapi kemarin hujan, kalau ini kan tidak hujan. Air tiba-tiba menggenang. Saya hanya menyelamatkan anak bayi dan semua perabotan basah. Saya mendengar katanya banjir ini karena tanggul kali Iwaka jebol," jelas Siti Maisaroh.

Senada dengan Siti, Basri warga jalur 9 juga menduga banjir ini adalah akibat meluapnya Sungai Iwaka. Menurut dia, peningkatan debit air di parit warga terjadi karena ada pengalihan aliran sungai untuk pembangunan jembatan yang tidak jauh dari Kampung Mulia Kencana.

Pendapat berbeda disampaikan Ali. Dia menduga aktivitas galian C yang berada tidak jauh dari aliran sungai adalah penyebab air meluap ini. "Saya tidak sangka tadi pagi keluar jam 07.00 WIT, tiba-tiba ditelepon ibu jam 08.00 WIT katanya banjir. Banjir langsung parah, terendam semua rumah. Kenapa tidak ada hujan tiba-tiba banjir dan airnya keruh. Mungkin karena ada penggalian di dekat kali di atas sana makanya airnya keruh," urai Ali di rumahnya siang tadi.

Genangan air yang sempat turun pada siang kembali naik pada sore hari sehingga sejumlah warga mengaku waswas air akan kembali menggenangi rumah mereka. Meski demikian, dari pantauan hingga Jumat (12/4/2013) sore tadi, belum ada warga yang mengungsi.

Banjir yang tiba-tiba menggenangi Kampung Mulia Kencana sejak pagi tadi mengakibatkan sejumlah hewan ternak terbawa arus dan  terendamnya kebun milik warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com