Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Talaud Dihantam Angin Kencang, Empat Kapal Karam

Kompas.com - 12/04/2013, 01:19 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

TALAUD, KOMPAS.com -- Cuaca buruk disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Talaud, membuat dua buah Tagboat dan dua Kapal Tongkang terhempas hingga karam, Kamis (11/4/2013). Tidak hanya keempat kapal yang menjadi korban, Dermaga buatan PT Kawanui Keramik sebagai penyedia Asphal Mixing Plant di Desa Tarohan juga porak-poranda oleh hantaman angin kencang tersebut.

"Kapal-kapal tersebut merupakan kapal pengangkut material proyek yang sedang berlabuh dan membongkar muatan," ujar Richter Taengetan, warga Talaud yang menyaksikan kejadian tersebut. Angin kencang yang bertiup sejak pukul 2.00 WITA, menghempaskan kapal-kapal berbobot ratusan ton hingga karam di pinggir pantai.

Salah satu Kapal Tongkang terhempas sejauh 50 meter dari posisi semula. Sementara Tongkang lainnya yang berisi ribuan kubik material terhempas dalam posisi melintang. Menurut salah satu nahkoda kapal, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

"Karena waktu itu kami semua sedang berada di darat, lalu tiba-tiba angin kencang bertiup hingga membuat kapal terhempas," ujar Nahkoda Takboat Semar Sepuh. Hingga kini kapal-kapal yang terhempas tersebut sedang diupayakan ditarik kembali ke perairan. Beberapa hari belakangan, perairan Nusa Utara sedang dilanda cuaca buruk dengan gelombang laut tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com