Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Bisa Beraktivitas dalam Radius 1000 Meter

Kompas.com - 11/04/2013, 17:13 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akhirnya memutuskan masyarakat di Dieng boleh beraktivitas dalam radius 1.000 meter dari Kawah Timbang, dengan sejumlah syarat.

Keputusan ini, diambil setelah Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono meninjau kondisi di Dieng, Kamis (11/4/2013). Beberapa syarat itu di antaranya:

1. Jika dalam 6 jam terakhir tidak terekam gempa-gempa vulkanik dan tektonik lokal yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun disekitar Kawah Timbang.]

2. Matahari bersinar cukup terik.

3. Didampingi oleh Tim Tanggap Badan Geologi G Dieng yang dilengkapi dengan detektor gas dan dalam radius 1000 m dari Kawah Timbang tidak terditeksi gas beracun.

4. Masyarakat agar keluar dari daerah bahaya berdasarkan arahan dari Tim Tanggap Darurat Badan Geologi, karena tiba-tiba terekam gempa vulkanik dan tektonik lokal dengan jumlah dan energi yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun.

5.Sebelumnya, zona 1.000 meter dari kawah tersebut dinyatakan terlarang untuk dimasuki. Namun, dalam praktiknya, zona ini banyak dilanggar. Buruh tani yang tergantung pada pendapatan harian dari berladang, menerobos larangan ini dan kerap.

"Dengan rekomendasi ini diharapkan masyarakat dapat beraktivitas dalam radius 1000 meter dari Kawah Timbang, dapat terhindar dari ancaman bahaya gas beracun dan mitigasi bencana erupsi Gunung Dieng tetap berjalan dengan baik," kata Surono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com