Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Pilkada Jatim

Eggi Sudjana Maju Jadi Calon Independen

Kamis, 11 April 2013 | 16:13 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pengacara Eggi Sudjana menyatakan siap maju sebagai calon independen dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur. Diantarkan pendukungnya, Eggi menyerahkan 1,2 juta fotokopi Kartu Tanda Penduduk ke kantor Komisi Pemilihan Umum Jatim, Kamis (11/4/2013).

Dokumen dukungan KTP ini merupakan syarat untuk maju sebagai calon independen. Bagi calon independen Pilkada Jatim minimal didukung 3 persen dari jumlah penduduk atau 1.118.096 jiwa yang tersebar sekurang-kurangnya di 19 kabupaten/kota di Jatim.

Eggi mengaku, memilih maju dari jalur independen untuk menghindari politik transaksional di partai politik. Dalam kesempatan itu, Eggi juga mengkritik kepemimpinan Gubernur Jatim Soekarwo yang diduga menggunakan APBD Jatim untuk kepentingan pilkada.

Sebelumnya, Soekarwo juga memastikan diri untuk maju sebagai calon petahana dalam Pilkada Jatim bersama Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. Untuk itu, Eggi mengakui, siap bertarung dengan Soekarwo dalam pilkada.

Eggi Sudjana mengakui, mengumpulkan 1,2 juta KTP dari 33 kabupaten/kota di Jatim. "Sejak Januari saya sudah keliling untuk mengumpulkan dukungan," kata Eggi.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad mengakui, jika memenuhi syarat Eggi Sudjana merupakan calon independen pertama dalam sejarah Pilkada Jatim. Pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap jumlah KTP yang dibawa Eggi.

Hari ini merupakan batas waktu terakhir bagi calon independen yang akan menyerahkan dukungan kepada KPU. Pendaftaran calon dilakukan pada 13-19 Mei mendatang.


Penulis: Harry Susilo
Editor : Rusdi Amral